Indonesia 67

Memulai tulisan ini, ada baiknya dan sopannya – karena orang Indonesia begitu mencintai kesopanan – Saya mengucapkan selamat berulang tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke 67.

Di setiap gang, di setiap lorong, di setiap RT dan RW warna merah putih yang memancar keluar dari umbul – umbul dan bendera – bendera hias yang mempersolek badan – badan jalan. Diselingi dengan tulisan yang penuh dengan semangat hampa: Merdeka atau mati.

Baiklah, yang kulihat itu adalah keadaan artifisial yang mulai tak bisa dibedakan dengan dunia riil. Merdeka atau mati? adalah bungkusan manis dari: Bekerja atau mati (lapar).

Merdeka dari apa kita? Dari barang Import? dari korupsi? dari biaya – biaya yang semakin hari semakin mengurang jatah bersih dari gaji?

Merdeka dari apa kita? dari kungkungan agama? dari rasukan perenungan tentang esensi dari kemerdekaan? dari paradoks – paradoks yang mengikat suatu kata Merdeka itu sendiri, sehingga ia menjadi tak merdeka?

Apa itu kemerdekaan?

Bagiku, kemerdekaan adalah pembauran dari harapan, mimpi, dan kegilaan.

Merdeka adalah perjuangan dan pergulatan dalam mencari kemerdekaan itu sendiri. Dia sama beratnya dengan mencari Tuhan, sama beratnya dengan mencari defenisi absolut waktu.

Berbahagialah mereka yang sampai matinya tetap berjuang untuk sesuatu yang tak seorangpun tahu dimana ujung peristirahatannya.

Semoga kita tak letih mencari.

 

 

 

Cintaku yang tak terbatas teruntuk Papua, GKI Yasmin, HKBP Filadelfia, Ahmadiyyah, dan semua orang yang tak letih – letihnya memperjuangakan kemerdekaannya.

Seluruh hati dan cinta pada kalian.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Indonesia 67

  1. ellatahitoe says:

    Very Good๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Four thumbs up!!

    Arti sebenarnya mungkin MERDEKA = MATI
    Merdeka berarti Mati. Mati berarti Merdeka.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s