Bulan dan Pencapaian

Foto di atas adalah foto tapak kaki Buzz Aldrin di permukaan bulan. Commander dari misi Apollo 11 tersebuh, Neil Armstrong  -orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan- tadi menutup usia hidupnya di tenggat umur 82.

Suatu proyek prestisius yang dicetak oleh NASA – Amerika pada tahun 1969 di tengah perlombaan antariksa melawan Soviet di kancah perang dingin. Suatu pencapaian yang akan tak akan pernah dilupakan oleh manusia, bahkan hingga (mungkin) bulan-pun musnah suatu waktu.

Pendaratan di bulan ini sendiri tak mulus dalam sejarahnya. Muncul teori – teori konspirasi yang mencoba menjungkalkan keberhasilan Amerika tersebut. Salah satunya yang paling serius dilakukan adalah dari Bill Kaysing lewat bukunya: We Never Went to the Moon: America’s Thirty Billion Dollar Swindle. Buku tersebut coba menganalisa dari kejanggalan foto, problema sabuk van Allen, dan lain sebagainya. Silahkan teman – teman googling sendiri isi bukunya. (Konter atas teori tersebut bisa dilihat di sini.)

Setelah keberhasilan Apollo 11, banyak dilakukan proyek – proyek pendaratan di bulan. Terakhir dilakukan oleh Apollo 17, pada 11 Desember ’72. Itu adalah proyek terakhir yang dilakukan NASA untuk misi pendaratan di bulan.

Terlepas dari benar tidaknya Amerika pernah mendarat di bulan, hal terbaik yang bisa Saya dapati tentang pendaratan manusia di bulan adalah dari Edgar Mitchell (Astronot Apollo 14. Orang ke-enam yang menjejakkan kaki di bulan) yang Saya dapat dari situs zenpencil ini :

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s