Aubade

Planet Bumi, 4 Maret 2014 Sesudah Masehi (Kalender Gregorian)

Kapada yang tersayang,

Teman – teman peserta penulis surat yang budiman dan budiwati.

 

Jadi, awalnya aku malas tulis surat. Tapi karena sesuai dengan kesepakatan kita semua di dalam kantor pos bahwa para tukang pos harus menuliskan surat kepada para peserta, maka aku yang tadinya malas, diam-diam setuju lalu diam – diam juga menyalakan komputer karena sudah terlalu malam. Aku tadinya ingin menulis surat. Benar – benar menulis surat. Pakai alat tulis dan kertas, namun kemudian aku bingung karena tidak tahu alamat rumah kalian masing – masing. Sebenarnya aku juga tak punya banyak uang untuk mengirimkannya lewat pos. Tapi kalian bisa membantuku lewat doa, semoga rencanaku untuk mencuri emas milik Freeport  atau menilap bergalon – galon minyak milik Petronas berjalan mulus, sehingga kemudian aku pastilah akan benar – benar menuliskan surat ini di kertas lalu kukirimi pada kalian semua. Kalau perlu, tugu Monas aku beli, api emasnya aku kembalikan kepada orang Aceh, dan tugunya aku tulisi surat buat kalian pakai piloks. Jadi, sudah sampai di mana tadi?

Oh, ternyata sudah sampai di paragraf kedua. Dan sampai di kata: ini, jumlahnya sudah mencapai 181 buah. Aku mau berterima kasih kepada kalian yang semangat menulis surat. Sungguh, andai kalian mencalonkan diri menjadi presiden, aku akan memilih kalian sebagai sekretaris presiden. Karena kalian itu suka sekali menulis. Aku juga suka menulis, tapi lebih suka perempuan. Perempuan yang cantik dalam pandanganku, bukan yang cantik versi televisi ataupun iklan produk kecantikan. Karena kecantikan itu soal selera, tapi krim anti kerut itu luar biasa. Pisang goreng dan teh panas yang disantap saat sore hari juga aku suka, kok.

Ini sudah paragraf ketiga, dan aku masih belum mengucapkan terima kasih dengan sungguh-sungguh, karena pastilah akan terasa retoris, mirip calon presiden dan legislaTHIEF yang dengan baliho dan stiker – stiker dalam beberapa musim membungkusi batang pohon dan juga tembok – tembok tempat aku dan anggota Ikatan Anjing Liar kencing secara diam – diam dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, karena takut dituduh sebagai intelejen Kuba atau Papua Nugini yang saling berbagi informasi dan data – data rahasia  lewat sandi air kencing.

Jadi, teman – teman penulis surat dimanapun kalian berada, semoga kalian tetap menulis. Menulislah, terserah mau pakai apa. Kertas bisa, komputer bisa, darah juga bisa; dan terutama pakai tangan dan otak yang masih bekerja, terlepas dari benar – tidaknya. Terkadang, aku juga menulis pakai kaki, tapi itu sulit sekali, silahkan kalian coba kalau tidak percaya.  Tetapi baiknya kalian percaya saja, supaya aku terlihat benar dan keren.

Sebenarnya kalian juga termasuk keren karena bisa melaksanakan ibadah: Tiga puluh hari menulis surat cinta (bolong tidak-nya adalah tanggung jawab iman dan taqwa masing – masing) Mungkin, kalian sedih karena menulis surat cuma 30 hari. Atau mungkin juga merasa bosan dan benci karena tiga puluh hari harus menulis surat terus-terusan. Tenang, cinta dan benci seperti Lambang Pancasila dan Tulisan Gambar 500 & Bunga Melati pada uang koin Rp. 500,- terbitan 2003: 1 koin, beda muka.

Tapi lebih dari semua itu, kalian diberikan waktu 30 hari untuk menulis surat cinta dan 336 hari (Kalau tahun kabisat) untuk melaksanakan cinta yang sudah kalian tulisi itu. Semoga tidak bosan, karena 336 hari itu lama, apalagi dihabiskan dengan cara duduk-duduk.

 

Michael Edward, Tukang Manusia yang sedang ditugaskan orang tuanya untuk mengisi waktu luang di bumi. Kemudian pada suatu saat, mungkin akan menciptakan manusia lain dari manusia lain. 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Aubade

Tinggalkan jejak

